BAHAYA TIDUR SETELAH MAKAN SAHUR

BAHAYA TIDUR SETELAH MAKAN SAHUR

Apakah anda sering tidur setelah makan sahur?
Mungkin sebaiknya ubah kebiasaan anda itu karena dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan anda.

Berikut penjelasan dampak yang ditimbulkan :

1. Membuncitnya perut

Ketika kita tidur tubuh kita tidak mengeluarkan energi untuk aktifitas, maka tubuh akan menghemat energi. Karena energi tidak terpakai oleh tubuh sehingga akan terjadi timbunan lemak terutama di daerah perut.

2. Terjadi refluks (esophageal reflux) pada pencernaan

Reflux atau esophageal reflux adalah berbaliknya makanan di dalam tubuh dari lambung kembali ke kerongkongan. Hal ini dikarenakan belum sempurnanya pencernaan dalam tubuh dan pengaruh grafitasi ketika tidur. Indikasi terjadinya reflux pada tubuh kita adalah ketika kita bangun dari tidur akan merasakan panas dan pahit pada kerongkongan. Hal tersebut dikarenakan naiknya asam lambung dan kemudian melukai kerongkongan.

3. Sembelit atau mencret

Terhambatnya proses pengosongan lambung disebabkan oleh posisi tidur. Dengan demikian akan membuat pencernaan terganggu seperti terjadinya sembelit atau mencret.

4. Meningkatnya resiko terkena stroke

Hasil penelitian menyatakan, apabila kita langsung tidur setelah santap sahur maka akan meningkatkan resiko terkena serangan stroke dikemudian hari, namun berbeda dengan orang yang memiliki waktu jeda paling lama antara aktifitas makan dengan tidur memiliki resiko terkena stroke paling rendah.

Apabila anda tetap ingin tidur kembali setelah santap sahur, waktu jedanya minimal adalah 2 jam setelah makan sahur. Jadi sebaiknya anda manfaatkan jeda waktu tersebut untuk beribadah seperti shalat shubuh, membaca Al-Quran, dll. Dengan melakukan pola hidup selama sahur seperti demikian, selain dapat menjaga kesehatan tubuh juga akan mendapat pahala lebih banyak karena waktu ibadahnya lebih panjang.

Baca juga artikel lainnya :

TIPS SAHUR DI BULAN RAMADHAN
TIPS BUKA PUASA DI BULAN RAMADHAN
TIPS BEROLAHRAGA DI BULAN RAMADHAN
TIPS SEHAT BERPUASA DI BULAN RAMADHAN
TIPS PERAWATAN HANDUK
BEBERAPA HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN SETELAH MAKAN



-BAHAYA TIDUR SETELAH MAKAN SAHUR

0 comments:

Post a Comment