TIPS BEROLAHRAGA DI BULAN RAMADHAN

TIPS BEROLAHRAGA DI BULAN RAMADAHAN


Mau olahraga di bulan ramadhan tapi takut kecapean ?
Langsung aja deh masbro/mbabro baca tipsnya :

1. Berolahraga pagi hari setelah sahur

Olahraga pagi hari setelah sahur tujuannya untuk kesehatan dan kebugaran. Namun yang perlu diperhatikan adalah lakukanlah intensitas olahraga ringan. Sehingga tidak membuat anda dehidrasi dan kelelahan berlebihan siang harinya. Waktu yang dianjurkan untuk berolahraga pada waktu ini selama 30 - 45 menit.
Contoh olahraga dipagi hari setelah sahur :  joging, bersepeda, jalan cepat, yoga, atau body balance.

2. Berolahraga sore hari menjelang berbuka

Berolahraga pada sore hari menjelang berbuka selama 30 - 60 menit dengan intensitas olahraga sedikit lebih berat akan menjaga kekuatan, bentuk otot, dan tubuh. Anda tak perlu khawatir akan kekurangan cairan dan kelelahan pada tubuh, karena setelah berbuka kekurangan cairan akan teratasi.
Contoh olahraga disore hari menjelang berbuka : latihan kardio dikombinasi dengan sedikit latihan beban, lari, senam dansa, pilates, renang.

3. Perhatikan kondisi tubuh anda

Jangan terlalu memaksakan diri berolahraga jika memang tubuh terasa tidak fit. Atur waktu tidur anda dengan baik agar anda mendapatkan energi yang cukup setelah anda bangun tidur. Saat berpuasa anda harus bangun pukul 3 pagi menyiapkan sahur. Padahal dibutuhkan tidur cukup minimal 6 jam sehari, jika ingin melakukan aktivitas olahraga aturlah waktu tidur anda. Atur waktu secermat mungkin sehingga waktu tidur anda mencukupu 6-8 jam.

4. Perhatikan asupan dengan dilengkapi dengan nutrisi yang seimbang

Konsumsilah makanan yang tinggi akan protein dan kaya akan serat. Karena jenis makanan ini menyimpan energi lebih lama, sehingga membuat anda tidak mudah merasa lapar, tidak mudah lelah saat anda harus berolahraga di saat berpuasa. Sore hari setelah berolahraga berbukalah dengan makanan segar dan menyehatkan. Misalnya daftar kombinasi jus segar dalam menu berbuka anda. Ganti kebiasaan mengkonsumsi gorengan saat berbuka dengan potongan sandwich roti gandum, dan isi menu utama dengan makanan dengan gizi seimbang. Pastikan juga menu saat berbuka dilengkapi dengan karbohidrat yang berfungsi mengisi kembali energi dengan cepat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dapat membantu pemulihan setelah berolahraga. Jangan lupa akan mengkonsumsi air yang cukup disaat sahur dan berbuka sekitar 6 - 8 gelas air untuk mengisi dan menggantikan cairan tubuh yang hilang selama beraktivitas.
Tips : makanan pembuka sesudah latihan konsumsilah susu atau roti gandum yang kemudian dilanjutkan dengan makanan utama.

Baca juga artikel tentang :

TIPS SAHUR DI BULAN RAMADHAN
TIPS BUKA PUASA DI BULAN RAMADHAN
TIPS SEHAT BERPUASA DI BULAN RAMADHAN



-TIPS BEROLAHRAGA DI BULAN RAMADHAN

0 comments:

Post a Comment