TIPS SAHUR DI BULAN RAMADHAN

TIPS SAHUR DI BULAN RAMADHAN


Berhubung lagi bulan ramadhan, ane mau berbagi tips nih buat hidangan sahur. Langsung aja ya masbro/mbabro :

1. Makanan tinggi serat

Makanan yang tinggi akan serat khususnya serat hewani adalah hidangan yang baik untuk bersantap sahur. Sebab serat dari hewani membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh hingga perut dapat merasakan kenyang lebih lama.
Contoh makanan berserat tinggi : daging ayam, daging kambing, dan daging sapi.
Untuk serat ikan tidak termasuk dikarenakan serat ikan lebih rendah dari makanan yang disebutkan diatas.
Selain itu menu sahur yang ideal yaitu menu yang memenuhi 40% kebutuhan makan harian. Sebaiknya makan makanan dengan menu lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak, sayur, buah, dan air minum. Dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang dapat menimbulkan kembung seperti : caisin, kol.

2. Perbanyak minum air

Kebutuhan air dalam 1 hari minimal 1,8 liter. Apabila terlalu sedikit mengkonsumsi air pada saat sahur akan menyebabkan kekurangan air dalam tubuh. Maka dari itu pada saat berpuasa tubuh tetap membutuhkan air yang dimana fungsinya untuk menjaga suhu tubuh dan mengedarkan sari makanan yang dicerna untuk kemudian disampaikan keseluruh tubuh.

3. Konsumsi buah

Untuk membantu mempertahankan rasa kenyang dan haus lebih lama, konsumsi buah ga boleh terlewat. Pilihlah buah dengan kandungan serat tinggi dan kadar glikemik rendah (kiwi, pepaya).

4. Niat puasa

Dari segi kesehatan, adanya niat hormon yang mengontrol jumlah keluarnya asam lambung (yang berfungsi dalam proses pencernaan) dapat mengurangi jumlah produksinya. Hal ini menyebabkan kita tidak merasa terlalu lapar pada saat berpuasa namun pada hari-hari biasa (pada hari tidak berpuasa) perut merasa sangat lapar bila terlambat makan siang.

BACA JUGA ARTIKEL :



-TIPS SAHUR DI BULAN RAMADHAN

0 comments:

Post a Comment