TIPS PERAWATAN HANDUK

TIPS PERAWATAN HANDUK


Terkadang kita lalai dalam menjaga kesehatan kulit, dan ketika gangguan kulit muncul barulah kita merasa panik. Banyak sekali penyebab gangguan kulit yang menyerang tubuh, salah satunya adalah karena bakteri dan jamur yang melekat pada tubuh. Meskipun kita telah mandi dengan bersih menggunakan sabun anti bakteri, ternyata bakteri tersebut bisa bersembunyi di dalam handuk.

Berikut tips perawatan handuk :

1. Handuk pribadi

Untuk mencegah terjadi menyebarnya bibit-bibit penyakit kulit baik itu berupa bakteri maupun jamur, dianjurkan untuk memiliki handuk pribadi (digunakan hanya untuk pribadi), tidak hanya handuk bahkan sikat gigi juga harus digunakan hanya untuk pribadi.

2. Cuci handuk

Menjaga handuk agar tetap bersih setelah digunakan dengan cara mencucinya. Untuk proses pencucianpun tidak disarankan dengan menggunakan air panas. Meskipun bakteri akan lebih banyak yang hilang, namun pencucian dengan menggunakan air panas akan membuat handuk cepat rusak dan kelembutan serat-seratnya pun akan berkurang.

3. Jangan mencuci handuk menggunakan pelembut pakaian

Meskipun kegunaannya untuk melembutkan serat pada handuk, namun penggunaan pelembut pada saat pencucian dapat mengakibatkan kulit menjadi iritasi pada saat handuk dipergunakan.

4. Jemur handuk di tempat terbuka

Apabila setelah handuk digunakan sebaiknya dijemur di tempat terbuka agar handuk menjadi kering kembali dan bakteri yang menempel pada handuk dapat berkurang. Jangan menaruh handuk yang telah digunakan didalam kamar mandi, karena hawa lembab kamar mandi menjadi tempat yang sangat ideal untuk berkembangnya bakteri pada handuk.

5. Pilih handuk dengan bahan anti bakteri

Pilih handuk dengan bahan anti bakteri agar meminimalisir bakteri yang akan bersarang di handuk. Dipasaran kini banyak handuk yang menggunakan bahan anti bakteri. Cara mengetahui apakah handuk tersebut menggunakan bahan anti bakteri selain dari label yang menempel pada handuk, dapat dilakukan dengan cara mencium aroma handuk pada saat handuk masih baru (belum pernah digunakan). Apabila tercium aroma khas anti bakteri dari handuk tersebut, maka dapat dipastikan handuk tersebut mengandung bahan anti bakteri.

Baca juga artikel lainnya :

TIPS SAHUR DI BULAN RAMADHAN
TIPS BUKA PUASA DI BULAN RAMADHAN
TIPS BEROLAHRAGA DI BULAN RAMADHAN
TIPS SEHAT BERPUASA DI BULAN RAMADHAN
BAHAYA TIDUR SETELAH MAKAN SAHUR
BEBERAPA HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN SETELAH MAKAN


-TIPS PERAWATAN HANDUK

0 comments:

Post a Comment