TIPS BUKA PUASA DI BULAN RAMADHAN

TIPS BUKA PUASA DI BULAN RAMADHAN


Langsung aja deh masbro/mbabro buat tips buka puasanya :

1. Minum air hangat

Sebaiknya hidangan pertama kali untuk berbuka puasa adalah air. Hal ini dikarenakan agar perut tidak kaget setelah seharian diistirahatkan. Sebaiknya minum air hangat. Apabila minum minuman terlalu dingin bisa membuat perut cepat kenyang, sehingga kita kehilangan selera makan, dan akibatnya tubuh akan cepat lemas saat berpuasa esok harinya.

2. Makan makanan tinggi glukosa

Makanan yang tinggi glukosa (gula sederhana yang mudah diserap) misalnya : kurma, air teh manis, air kolak, dll. Karena selama berpuasa tubuh kehilangan banyak energi dan kurang nutrisi, maka bila mengkonsumsi makanan yang tinggi glukosa supaya tubuh khususnya otak mendapat suplai energi lebih cepat dibandingkan bila kita mengkonsumsi makanan yang tinggi protein atau lemak. Sehingga tubuh cepat segar kembali.
Setelah makan makanan tinggi glukosa berilah jeda waktu bagi lambung untuk mencerna makanan secara perlahan, kira-kira 10-15 menit untuk melanjutkan makan makanan berat. 

3. Makan dengan jeda waktu untuk makan berat (bertahap)

Dahulukan makan makanan yang lebih lunak agar kerja pencernaan tidak terlalu berat dan juga tidak berlebihan. Karena lambung perlu beradaptasi dengan makanan setelah lebih dari 12 jam kosong. Apabila buka puasa langsung makan makanan yang berat akan membuat perut kaget dan dapat menyebabkan perut kembung hingga sembelit.

4. Makan secara perlahan

Makan secara cepat dapat menyebabkan gangguan kadar gula dalam darah, sehingga anda akan selalu merasa lapar dan semakin semangat mengunyah makanan, dan dapat menyebabkan kegemukan. Otak membutuhkan 15 - 20 menit untuk mengirim sinyal kenyang. Makanlah dengan perlahan, mengunyah secara perlahan akan memberi waktu bagi tubuh untuk menyerap glukosa dan kalori yang diperlukan tubuh, tapi mencegahnya agar tidak terserap berlebihan dan menjadikannya lemak.

BACA JUGA ARTIKEL :


-TIPS BUKA PUASA DI BULAN RAMADHAN

0 comments:

Post a Comment